Nilai-nilai Religius Islam dalam Novel di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya dalam Pembelajaran.

Putri, Chintya Diana (2024) Nilai-nilai Religius Islam dalam Novel di Atas Sajadah Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya dalam Pembelajaran. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_CHINTYA_DIANA_PUTRI_19016153_3735.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai-nilai religius Islam dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yaitu, mendeskripsikan nilai-nilai religius Islam yang muncul paling dominan dan nilai religius Islam yang paling kecil muncul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frasa, kalimat dan wacana yang menampilkan peristiwa-peristiwa serta narasi yang mengindikasikan nilai-nilai religius Islam yang terdapat dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu peneliti membaca dan memahami, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menganalisis dan menyimpulkan data yang berhubungan dengan nilai religius Islam dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik penganalisisan data yaitu, peneliti mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menyimpulkan temuan kemudian menulis laporan yang berhubungan dengan nilai religius Islam dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy. Teknik pengabsahan data dalam penelitian ini adalah teknik uraian rinci. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan nilai-nilai religius Islam dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah nilai akidah, nilai ibadah dan nilai akhlak. Nilai religius Islam yang dominan ditemukan dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah nilai akhlak sebanyak 16 data dan nilai religius Islam yang paling kecil ditemukan dalam novel Di Atas Sajadah Cinta karya Habiburrahman El Shirazy adalah nilai ibadah dengan temuan 10 data. Kemudian, hasil peneltiian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia, baik di dalam kelas maupun diluar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorTamsin, Andria CatriUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorNingsih, Ayu GustiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NILAI RELIGIUS ISLAM, NOVEL, SASTRA
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:03
Last Modified: 24 Jul 2024 01:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53000

Actions (login required)

View Item View Item