Aplikasi pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam Baso Kabupaten Agam

Miaz, Yalvema (2012) Aplikasi pendekatan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan proses dan hasil belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Baringin Anam Baso Kabupaten Agam. Project Report. Padang.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN 1.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas kali ini dilakukan di kelas V SDN 01 Baringin Anam, Kecamatan Baso Kabupaten Agam pada semester I tahun 2011-2012. Permasalahan yang muncul ketika observasi adalah guru tidak banyak menggunakan variasi metode dan media pembelajaran dalam mengajar IPS. Situasi kelas ketika proses pembelajaran tidak bergairah, siswa tidak aktif dan terkesan hanya mendengarkan ceramah guru. Akibatnya pembelajaran tidak maksimal. Pembelajaran seperti itu sudah berlangsung lama. Nilai mid semester rata-rata rendah dan belum mencapapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam pembelajarannya. Pada pembelajaran IPS ada berbagai metode dan pendekatan yang dapat dilakukan dan untuk penelitian ini digunakan model pemeblajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan topik, Aplikasi Pendekatan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 01 Beringin Anam Penerapan pembelajaran ternyata telah dapat menggairahkan siswa dimana proses dan hasil belajar diperoleh siswa sudah maksimal dan pembelajaran IPS menjadi lebih menarik. Pembelajaran telah terpusat kepada siswa (student centre). Hasil penelitian tindakan kelas diharapkan memberikan kontribusi untuk mahasiswa PGSD FIP Universitas Negeri Padang, guru di sekolah yang bersangkutan dan pemerhati pendidikan umumnya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 29 Jan 2016 07:18
Last Modified: 29 Jan 2016 07:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/53

Actions (login required)

View Item View Item