Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci.

Finasti, Anugrah Anggun (2024) Tindak Tutur Direktif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_1_ANUGRAH_ANGGUN_FINASTI_20016134_3899_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur direktif guru yang digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMPN 5 Kerinci. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur guru yang digunakan dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMPN 5 Kerinci. Ketiga, mendeskripsikan tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata-kata atau kalimat yang diperoleh dari rekaman percakapan antara guru dengan siswa saat proses pembelajaran. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh tuturan guru bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran teks deskripsi di kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Peneliti menggunakan alat bantu berupa handphone dengan merek Oppo Renno 8 dengan kapasitas penyimpanan 8/128 GB yang digunakan untuk merekam tuturan guru, dan lembar pengamatan yang digunakan untuk mencatattuturan guru. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik SBLC, rekam, dan catat. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci ada lima, (1) tindak tutur direktif menyuruh, (2) tindak tutur direktif memohon, (3) tindak tutur direktif menuntut, (4) tindak tutur direktif menyarankan, dan (5) tindak tutur direktif menantang. Kedua, strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci ada empat, (1) strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, (2) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, (3) strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, (4) strategi bertutur samar-samar. Ketiga, bentuk tindak tutur direktif yang dominan digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat lima bentuk tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci. Tindak tutur yang sering digunakan guru adalah tindak tutur direktif menyuruh, ditemukan sebanyak 69 data. Terdapat empat strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks deskripsi kelas VII SMP Negeri 5 Kerinci, dan yang paling sering digunakan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, ditemukan sebanyak 78 data.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorArief, ErnawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TINDAK TUTUR, TEKS DESKRIPSI, TUTUR DIREKTIF
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 23 Jul 2024 09:15
Last Modified: 23 Jul 2024 09:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52997

Actions (login required)

View Item View Item