Wahyuni, Sry
(2024)
Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Elektronika.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran dasar-dasar eletronika yang valid dan praktis untuk peserta didik kelas X Teknik Audio Video di SMK Negeri 5 Padang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Reseach and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan model pengembangan 4-D (Four D) terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Pada penelitian pengembangan ini dibatasi sampai pada tahap 3 yaitu Develop (Pengembangan). Tahap pengembangan dilakukan penilaian berupa uji validitas dan kepraktisan dari media pembelajaran berbasis canva. Validasi ahli media menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91,5%, untuk kategori sangat valid sedangkan validasi ahli materi menghasilkan persentase rata-rata keseluruhan sebesar 91,76%, untuk kategori sangat valid. Pada uji praktikalitas juga memanfaatkan angket dengan responden yang terdiri dari 15 peserta didik mendapatkan rata-rata penilaian 95,40% yang dikategorikan “Sangat Praktis. Berdasarkan hasil diatas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi canva ini layak digunakan sebagai media pembelajaran interaktif karena sudah teruji kevalidan dan kepraktisannya.
Actions (login required)
|
View Item |