Analisis Peran Stakeholder dalam Pemanfaatan Infrastruktur Data Spasial pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Barat

Putri, Adinda (2023) Analisis Peran Stakeholder dalam Pemanfaatan Infrastruktur Data Spasial pada Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Adinda_Putri_18136072_532_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui pola hubungan antara pemangku kepentingan dengan Komponen Simpul Jaringan di OPD se-Provinsi Sumatera Barat, 2) Mengetahui kesiapan IDS pada OPD se-Provinsi Sumatera Barat yang dievaluasi menggunakan Social Network Analysis dengan visualisasi diagram indeks. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei ke OPD se-Provinsi Sumatera Barat melalui penyebaran kuesioner yaitu evaluasi diri pemerintah daerah pada Panduan Simpul Jaringan Tahun 2018 dengan dibagi menjadi 5 aspek yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Data . Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Social Network Analysis yang digunakan untuk menghitung nilai centrality yang merepresentasikan peran dari masing-masing OPD dalam ketersediaan IDS untuk mendukung Simpul Jaringan Informasi Geospasial, terkhususnya di Provinsi Sumatera Barat. Hasil penelitian ini adalah 1) Dinas BMCKTR dan DISKOMINFO merupakan OPD yang menjadi pusat sentralitas. Dengan menggunakan tools Ucinet 6 membuktikan kepadatan dalam jaringan diatas 50% sehingga secara ikatan dianggap kuat, 2) Berdasarkan 13 OPD yang teliti, terdapat 3 OPD yang belum siap, 7 OPD yang agak siap, dan 2 OPD yang cukup siap, 1 OPD yang sudah siap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYulfa, ArieUNSPECIFIED
CorrectorPrarikeslan, WidyaUNSPECIFIED
CorrectorRamadhan, RiskyUNSPECIFIED
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:09
Last Modified: 22 Jul 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52975

Actions (login required)

View Item View Item