Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Keyboard Menggunakan Metode Drill di Kelas XI Musik Populer SMKN 7 Padang

Dristiana, Gia Lara (2024) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Keyboard Menggunakan Metode Drill di Kelas XI Musik Populer SMKN 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_GIA_LARA_DRISTIANA_19232023_3377_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sebelum dilakukan tindakan kelas terlebih dahulu dilakukan pra siklus dimana kemampuan siswanya masih jauh dari yang diharapkan, karna itu peneliti bertujuan untuk mengatasinya melalui tindakan yang berjenis penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yaitu observasi, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa meningkat secara signifikan setelah mengunakan metode Drill di kelas XI Musik. Alur pembelajaran pada siklus pertama adalah latihan memainkan tangga nada,memainkan lagu secara bertahap, contohnya frase demi frase, fingering tangan kanan dan kiri dalam tempo lambat, sedang dan cepat. Capaian belajar siswa pada siklus I, 9 orang siswa yang meningkat (75%), dan 4 siswa yang masih belum meningkat (25%). Berdasarkan persentase capaian itu, maka siklus I dikategorikan baik. Karna masih ada beberapa siswa yang belum tuntas, peneliti merefleksikan bersama guru yang mengobservasi untuk mengatasi masih adanya siswa yang belum mengalami peningkatan secara signifikan, maka solusi yang dibuat peneliti adalah lebih banyak mengcontrolling siswa dalam bermain keyboard dan diterapkan pada siklus II. Kemudian pada siklus II dilaksanakan kembali latihan fingering, kelancaran tangan kanan dan tangan kiri. Setelah dilakukan pada siklus II 13 orang siswa sudah meningkat secara signifikan, dan tidak ada siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDristiana, Gia LaraUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MATA PELAJARAN KEYBOARD
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Jul 2024 09:09
Last Modified: 22 Jul 2024 09:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52971

Actions (login required)

View Item View Item