Developing Critical Reading Material Based on Content Language Integrated Learning (CLIL) Principles Assisted with Interactive Multimedia at The English Language Department. Disertasi.

Fitrawati, Fitrawati (2024) Developing Critical Reading Material Based on Content Language Integrated Learning (CLIL) Principles Assisted with Interactive Multimedia at The English Language Department. Disertasi. Doctoral thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
B1_7_02_FITRAWATI_19326002_102_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah membaca kritis menuntut kompetensi membaca aktif mahasiswa. Prinsip-prinsip pembelajaran Content Language Integrated Learning (CLIL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar Critical Reading berbasis prinsip-prinsip CLIL dan berbantuan multimedia interaktif. Pengembangan materi ini penting dilakukan karena materi ajar ini dapat meningkatkan kemampuan membaca kritis mahasiswa. Bahan ajar yang dikembangkan berbasis pembelajaran CLIL dan berorientasi pada kemampuan berpikir kritis mahasiswa. CLIL tidak hanya menekankan pada kemampuan berbahasa tetapi juga bagaimana konten pembelajaran dapat memberikan stimulus untuk berpikir dan memahami tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan yang digunakan adalah small scale model oleh Borg & Gall (2003). Subjek uji coba penelitian adalah mahasiswa Departemen Bahasa dan Sastra Inggris yang sedang mengambil mata kuliah Critical Reading. Data dianalisa secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari enam tahapan, yaitu: (1) melakukan pengumpulan data awal, (2) merencanakan tujuan pembelajaran, (3) mengembangkan rancangan awal produk, (4) melakukan uji coba rancangan produk awal, (5) merevisi produk, dan (6) melakukan uji efektivitas materi ajar terhadap kemampuan membaca kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar Critical Reading yang digunakan saat ini di Departemen Bahasa dan Sastra Inggris belum layak digunakan sebagai materi ajar yang efektiv. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan valid, praktis dan efektiv. Validitas materi ajar juga mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian ahli dan validator. Kepraktisan materi ajar dikategorikan sangat baik menurut respon mahasiswa, observasi pelaksanaan, dan evaluasi dosen. Keefektivan materi ajar mencapai kategori sangat baik berdasarkan hasil tes membaca kritis mahasiswa. Karena produk ini sudah memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa, maka disarankan kepada mahasiswa dan dosen untuk menggunakan materi ajar Critical Reading berbasis CLIL dan berbantuan multimedia interaktif dalam pembelajaran Critical Reading ke depannya. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa materi ajar ini sesuai dengan tuntutan pembelajaran online seperti model pembelajaran blended learning sehingga fitur-fitur multimedia interaktif bisa lebih dioptimalkan pemakaiannya.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGanefri, GanefriUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorZaim M., Zaim M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEMBACA KRITIS, PENGEMBANGAN MATERI MULTIMEDIA INTERAKTIF
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Keguruan Bahasa-S3
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jul 2024 07:29
Last Modified: 19 Jul 2024 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52950

Actions (login required)

View Item View Item