Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaranan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Bola Voli di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang

Sari, Shinta Nopriyanti (2023) Pengembangan Media Berbasis Video Pembelajaranan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Materi Bola Voli di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_SHINNTA_NOPRIYANTI_SARI_19086255_3405_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video dalam meningkatkan kemauan belajar dan pemahaman siswa dalam materi bola voli. Berdasarkan pengamatan peneliti di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang, terlihat para siswa kurang kemaunya dalam belajar dan sulit dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terkhusnya pada materi bola voli yang disampaiakan. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan mengguakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 5 langkah pengembangan yaitu Analisis (Analyze), Perancangan (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (Evaluation). Penelitian ini di bantu oleh 4 orang validator yaitu 2 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 ahli Bahasa. Insrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan hasil pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang menggunakan skala penilaian dan rentang persentase. Dari penelitian yang telah dilakukan didapat bahwa validitasi media yang dikembangkan memiliki klasifikasi sangat layak. Ketika diberikan soal post-test mengalami peningkatan dari sebelumnya saat mengerjakan soal pre-test sehinga Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga terdapat peningkatan yang signifikan dari hasil tersebut. Media berbasis video pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berbasis video di Sekolah Menengah Pertama Negeri 34 Padang sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYaslindo, YaslindoUNSPECIFIED
CorrectorWahyuri, Asep SujanaUNSPECIFIED
CorrectorApriyano, BertoUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jul 2024 03:52
Last Modified: 19 Jul 2024 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52947

Actions (login required)

View Item View Item