Kompetensi Pembelajaran Etude Wohlfahrt Op.54 pada Mata Kuliah Instrumen Gesek II (Violin) di Prodi Pendidikan Musik FBS UNP

Ahmad, Fadli Fikrah (2024) Kompetensi Pembelajaran Etude Wohlfahrt Op.54 pada Mata Kuliah Instrumen Gesek II (Violin) di Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FADLI_FIKRAH_AHMAD_17232003_3841_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Kompetensi Pembelajaran Etude Wohlfahrt Op.54 Pada Mata Kuliah Instrumen Gesek II (Violin) Di Prodi Pendidikan Musik FBS UNP. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diapakai ialah menggunakan data primer dan sekunder. Data primer yang berarti data yang diambil langsung dari hasil penelitian lapangan sedangkan data sekunder adalah data yang dapat melalui studi pustaka dan berbagai sumber yang mendukung Berdasarkan hasil penelitian bahwa Etude Wohlfahrt Op.54 sangat berdampak positif dalam proses pembelajaran, karena mahasiswa mayor II instrumen violin masih tergolong perdana atau pemula dan baru mengenal instrumen itu sendiri, kemampuan teoritis seperti dengan adanya penggunaan teknik tenuto, legato dan akor. Hal ini terbukti dengan mahasiswa yang melaksanakan proses latihan dengan baik dan berlatih dengan bahan yang telah diberikan. Keterkaitan antara yang dijelaskan oleh dosen pengampu dengan mahasiswa bersangkutan secara teoritis dan praktis dapat berjalan dengan baik walaupun kurang maksimal karena adanya keperluan yang lebih penting sehingga tidak bisa mengontrol langsung dengan tatap muka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYensharti, YenshartiUNSPECIFIED
CorrectorMaestro, EsyUNSPECIFIED
CorrectorSyeilendra, SyeilendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN ETUDE WOHLFAHRT OP.54
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:49
Last Modified: 19 Jul 2024 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52943

Actions (login required)

View Item View Item