Paket Informasi Kearifan Lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh di Nagari Batagak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam

Ulfa, Fadhilah (2024) Paket Informasi Kearifan Lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh di Nagari Batagak Kecamatan Sungai Pua Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_FADHILAH_ULFA_21026023_3693_2024.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan pembuatan paket informasi kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh dan hasil uji coba paket informasi kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh. Metode yang digunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dengan pengurus Randai Batuduang Ameh, dan literatur yang diperoleh dari jurnal/artikel tentang kearifan lokal dan juga randai. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, tahap pembuatan paket informasi adalah: (1) identifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara. Hasil wawancara dengan salah satu pengurus Randai Batuduang Ameh mengatakan bahwa belum ada media yang memuat informasi tentang Randai Batuduang Ameh hingga randai sudah berada dalam masa vakum sekarang ini, sedangkan masyarakat Nagari Batagak sebelumnya menjadikan Randai Batuduang Ameh sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan nilai-nilai adat dan agama Islam kepada setiap generasi; (2) pengumpulan informasi dengan wawancara bersama salah satu pengurus Randai Batuduang Ameh, serta penelusuran literatur yang diperoleh dari jurnal/artikel tentang kearifan lokal dan juga randai; (3) pengemasan informasi berupa buku cetak yang didesain menggunakan aplikasi canva yang terdiri atas cover, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, isi atau pembahasan, dan penutup; (4) menentukan sasaran pengguna dengan cara menentukan calon pemakai potensial yaitu masyarakat Nagari Batagak baik pelajar maupun pekerja yang memiliki keterbatasan dalam mengakses perpustakaan; (5) menetapkan cara dan sistem penyebarluasan kemasan informasi dengan cara menyerahkan produk kepada pengurus randai untuk diserahkan ke Kantor Wali Nagari Batagak serta menyebarkan melalui media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook. Kedua, hasil uji coba produk paket informasi kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh dilakukan melalui penyebaran angket dengan google form dan memperoleh hasil presentase 95,71% dengan kategori sangat baik. Sebanyak 4,28% responden mengatakan paket informasi kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh ini kurang menarik pada bagian cover dan desain. Dapat disimpulkan produk paket informasi kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh ini layak untuk disebarluaskan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi pengguna mengenai kearifan lokal Minangkabau dalam Seni Randai Batuduang Ameh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNelisa, MaltaUNSPECIFIED
CorrectorDesriyeni, DesriyeniUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PAKET INFORMASI, KEARIFAN LOKAL MINANGKABAU
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jul 2024 00:49
Last Modified: 19 Jul 2024 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52942

Actions (login required)

View Item View Item