Model Konseling Keluarga dengan Experiential Family Therapy Untuk Mengurangi Agresi Relasional Pada Siswa

Syahputra, Yuda (2024) Model Konseling Keluarga dengan Experiential Family Therapy Untuk Mengurangi Agresi Relasional Pada Siswa. Doctoral thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
B.1_08_YUDA_SYAHPUTRA_18325008_1948_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peningkatan perilaku agresi relasional terlihat semakin umum dalam konteks teknologi modern, terutama melalui media sosial dan komunikasi digital. Tindakan ini melibatkan merusak dan memanipulasi hubungan sosial serta membahayakan reputasi orang lain. Kondisi ini berpotensi menimbulkan dampak negatif seperti kecemasan, kesepian, depresi, serta memengaruhi kinerja akademik dan perkembangan selanjutnya pada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseling keluarga dengan experiential Family Therapy yang valid, praktis dan efektif untuk mengurangi agresi relasional siwa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan 412 siswa untuk analisis kebutuhan, enam orang ahli yang menilai validitas produk, lima orang konselor yang menilai praktikalitas produk, lima orang konselor yang terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) untuk penyempurnaan produk, dan 5 orang siswa yang disertai dengan 5 orang tuanya menjadi subjek uji coba untuk mendapatkan data efektifitas produk. Pengumpulan data agresi relasional siswa menggunakan instrumen skala agresi relasional yang telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif untuk tahap analisis kebutuhan, analisis kesesuaian penilaian ahli dan konselor menggunakan formula Aiken„s V untuk mendapatkan data validitas dan praktikalitas model dan analisis single-subject design untuk mendapatkan data efektifitas model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling keluarga dengan experiential family therapy yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif untuk mengurangi agesi relasional siswa. Model yang dikembangkan dilengkapi dengan media pendukung berupa buku panduan model yang dapat digunakan oleh guru BK/konselor, modul siswa untuk mengurangi agresi relasional, dan modul orang tua yang digunakan untuk mengurangi agresi relasional anak.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNeviyarni, NeviyarniUNSPECIFIED
CorrectorMudjiran, MudjiranUNSPECIFIED
CorrectorNetrawati, NetrawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Agresi Relasional, Experiential Family Therapy (EFT), Konseling Keluarga
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling-S3
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 16 Jul 2024 04:33
Last Modified: 16 Jul 2024 04:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52902

Actions (login required)

View Item View Item