Syahputra, Yuda
(2024)
Model Konseling Keluarga dengan Experiential
Family Therapy Untuk Mengurangi Agresi Relasional Pada Siswa.
Doctoral thesis, Program Pascasarjana.
Abstract
Peningkatan perilaku agresi relasional terlihat semakin umum dalam konteks teknologi modern, terutama melalui media sosial dan komunikasi digital.
Tindakan ini melibatkan merusak dan memanipulasi hubungan sosial serta membahayakan reputasi orang lain. Kondisi ini berpotensi menimbulkan dampak
negatif seperti kecemasan, kesepian, depresi, serta memengaruhi kinerja akademik
dan perkembangan selanjutnya pada individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseling keluarga dengan experiential Family Therapy
yang valid, praktis dan efektif untuk mengurangi agresi relasional siwa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan
model ADDIE (analyze, design, development, implementation and evaluation) yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Penelitian ini melibatkan 412 siswa
untuk analisis kebutuhan, enam orang ahli yang menilai validitas produk, lima
orang konselor yang menilai praktikalitas produk, lima orang konselor yang terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) untuk penyempurnaan produk, dan 5 orang siswa yang disertai dengan 5 orang tuanya menjadi subjek uji coba untuk
mendapatkan data efektifitas produk. Pengumpulan data agresi relasional siswa menggunakan instrumen skala agresi relasional yang telah memenuhi kriteria
valid dan reliabel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif untuk tahap analisis kebutuhan, analisis kesesuaian penilaian ahli dan
konselor menggunakan formula Aiken„s V untuk mendapatkan data validitas dan praktikalitas model dan analisis single-subject design untuk mendapatkan data
efektifitas model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model konseling keluarga dengan experiential family therapy yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis,
dan efektif untuk mengurangi agesi relasional siswa. Model yang dikembangkan
dilengkapi dengan media pendukung berupa buku panduan model yang dapat digunakan oleh guru BK/konselor, modul siswa untuk mengurangi agresi
relasional, dan modul orang tua yang digunakan untuk mengurangi agresi relasional anak.
Actions (login required)
|
View Item |