Azizah, Fadila Nur
(2024)
Pengaruh Influencer Marketing Tasya Farasya Terhadap Purchase
Intention Produk Emina Sun Battle Barrier Hydraburst dengan
Parasocial Interaction sebagai Variabel Mediasi dan Bentuk- Bentuk
Self Congruency Theory sebagai Variabel Moderasi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing
Tasya Farasya terhadap purchase intention produk Emina Sun Battle Barrier
Hydraburst. Penelitian ini menggunakan parasocial interaction sebagai variabel
mediasi dan tiga bentuk self congruency theory sebagai variabel moderasi.
Penelitian ini dilakukan karena adanya temuan masalah pada produk Emina Sun
Battle Barrier Hydraburst yang tidak masuk dalam deretan sunscreen terlaris di ecommerce
Indonesia.
Penelitian ini bersifat kuantitatif dan memiliki populasi yaitu pengikut
akun TikTok, Instagram, dan Youtube Tasya Farasya. Dari populasi tersebut,
didapatkan sampel sebanyak 260 responden yang dipilih melalui metode simple
random sampling. Teknik analisis yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
teknik analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software PLS 4.0.
Hasilnya menunjukkan bahwa (1) influencer marketing berpengaruh
positif dan signifikan terhadap parasocial interaction dan purchase intention. (2)
Parasocial interaction berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase
intention dan menjadi mediator hubungan influencer marketing dan purchase
intention. (3) Kesesuaian antara konsumen dan influencer tidak memoderasi
hubungan influencer marketing dan parasocial interaction. (4) Sebaliknya,
kesesuaian konsumen dan influencer memoderasi hubungan parasocial
interaction dan purchase intention. (5) Sementara itu, kesesuaian antara
konsumen dan produk serta kesesuaian antara influencer dan produk tidak
memoderasi hubungan variabel parasocial interaction dan purchase intention
Actions (login required)
|
View Item |