Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Minat dan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Padang Gelugur

Abhara, Al Amin Arseni (2024) Pengaruh Penggunaan Media Video Tutorial Terhadap Minat dan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Padang Gelugur. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_05_AL AMIN_ARSENI_ABHARA_16020088_3856_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara minat belajar siswa yang diajar menggunakan media video tutorial dengan minat belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media video tutorial dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media video tutorial dengan hasil belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media video. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk eksperimen (Eksperimen) pretest, posttest, dan data angket minat belajar siswa, data yang diperlukan untuk mengetahui pengaruh terhadap minat belajar dalam penelitian ini adalah minat belajar berupa ketertarikan dalam belajar, perhatian dalam belajar, motivasi belajar, dan pengetahuan dan untuk hasil belajar diperlukan data primer berupa hasil pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 317 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 4 dan X IPA 5, pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini berupa pretest, posttest, serta angket minat belajar siswa. Jenis analisis data dalam penelitian ini dengan teknik uji beda dengan menggunakan SPSS versi 16.0 dan Microsoft Excel. Berdasarkan pengolahan data diketahui bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil minat belajar yang signifikan yaitu 42,52 kelas eksperimen > nilai rata-rata dan kelas kontrol 33,38, dan hasil belajar menunjukan taraf signifikansi 0.000 < 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video tutorial berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWikarya, YusronUNSPECIFIED
CorrectorZubaidah, ZubaidahUNSPECIFIED
CorrectorAwrus, SuibUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL, MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR SENI RUPA
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:44
Last Modified: 16 Jul 2024 03:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52877

Actions (login required)

View Item View Item