Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobic Mix Impact dan Senam Yoga Vinyasa Terhadap Penurunan Lemak Tubuh Member Senam Wanita di G Sports Center Kota Padang

Chinta, Ira (2024) Perbedaan Pengaruh Latihan Senam Aerobic Mix Impact dan Senam Yoga Vinyasa Terhadap Penurunan Lemak Tubuh Member Senam Wanita di G Sports Center Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_IRA_CHINTA_22199021_3631_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Member senam wanita dewasa yang mengikuti kegiatan di G Sports Center masih belum mengetahui latihan yang efektif dalam menurunkan lemak pada tubuh mereka. Penelitain ini dilakukan.untuk mengetahui perbedaan pengaruh signifikan antara metode latihan senam aerobic mix impact dan apakah yoga vinyasa berpengaruh signifikan terhadap penurunan lemak tubuh member senam Wanita di G Sports Center. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (Quasi-exsperiment). Dengan desain penelitian two group pretest-postest. Populasi dalam penelitian ini yaitu member senam wanita dengan rentang umur 19 hingga 45 tahun sedangkan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sensus/sampling jenuh. Data pengukuran lemak menggunakan Alat BIA Omron HBF 375. Data dianalisis secara deskripsi data menggunakan uji t-test dengan taraf signifikan α=0,05. Hasil penelitian didapatkan bahwa ada pengaruh senam aerobic mix impact terhadap penurunan lemak tubuh (p=0,000) dan ada pengaruh senam yoga vinyasa terhadap penurunan lemak tubuh (p=0,000). Ada perbedaan yang signifikan antara senam aerobic mix impact dan senam yoga vinyasa terhadap penurunan lemak (p=0,041). Dari dua perlakuan terdapat senam aerobic mix impact lebih berpengaruh terhadap penurunan lemak dengan rata-rata lemak tubuh pretest 31.727 dan posttest 27.653 dengan selisih nilai rata-rata yaitu 4.074.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, NurulUNSPECIFIED
CorrectorHadayani, Sri GustiUNSPECIFIED
CorrectorKhairuddin, KhairuddinUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 16 Jul 2024 03:02
Last Modified: 19 Jul 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52875

Actions (login required)

View Item View Item