Rancang Bangun Virtual Lab Untuk Materi Tegangan Permukaan Pada Praktikum Kimia Fisika I

Warman, Octifa (2024) Rancang Bangun Virtual Lab Untuk Materi Tegangan Permukaan Pada Praktikum Kimia Fisika I. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_OCTIVA_WARMAN_19076116_456_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pergeseran proses pembelajaran memunculkan berbagai hambatan dan kendala bagi mahasiswa yang dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Teknologi virtual dapat memudahkan dalam proses pembelajaran praktikum. Pesatnya perkembangan teknologi yang telah memunculkan banyak inovasi baru dari teknologi, salah satunya adalah teknologi Virtual Lab. Penggunaan Virtual Lab dapat mensimulasikan percobaan dan menjadi media pembelajaran alternatif untuk melakukan praktikum. Penelitian ini berfokus pada mata kuliah Kimia Fisika I yang memiliki beberapa jenis praktikum, salah satunya Tegangan Permukaan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk media interaktif pada mata kuliah Kimia Fisika I yang dilengkapi dengan simulasi animasi 3D yang sesuai dengan buku pegangan mahasiswa dan dosen yang valid dan praktis serta Mengetahui respon mahasiswa terhadap perancangan media Virtual Lab dalam meningkatkan hasil belajar. Metode yang digunakan dalam merancang aplikasi yaitu metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) dengan 6 tahapan diantaranya concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Memanfaatkan teknologi Virtual Lab dalam menghasilkan simulasi praktikum Kimia Fisika I. Aplikasi Virtual Lab untuk Materi Pembelajaran Tegangan Permukaan pada Praktikum Kimia Fisika I berbasis Virtual Reality (VR) dengan rancangan yang dapat diakses melalui Android dengan controller nya Oculus Quest 2. AplikasiVirtual Lab untuk Materi Pembelajaran Tegangan Permukaan pada Praktikum Kimia Fisika I yang dikembangkan tergolong dalam kriteria “layak dan tanpa perlu revisi” dengan hasil uji kevalidan dari ahli media dan ahli materi serta uji praktikalitas mahasiswa mendapat skor rata-rata keseluruhan 90 % sehingga media pembelajaran memenuhi aspek kevalidan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFajri, Bayu RamadhaniUNSPECIFIED
CorrectorResmidarni, ResmidarniUNSPECIFIED
CorrectorIrfan, DedyUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 Jul 2024 07:43
Last Modified: 15 Jul 2024 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52868

Actions (login required)

View Item View Item