Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan di Kelas X Sma Negeri 4 Pariaman

Putri, Adek Eka (2024) Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Geografi Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan di Kelas X Sma Negeri 4 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_ADEK_EKA_PUTRI_20045001_3528_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 IPS SMAN 4 Pariaman dan guru geografi. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 17 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yakni siswa yang mendapatkan nilai jauh dibawah KKM. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah diketahui kesulitan pembelajaran geografi, siswa memperoleh rata-rata keseluruhan indikator dengan terkhusus kategori sangat sulit memperoleh rata-rata 46,08 %. Sedangkan perolehan jawaban untuk kategori sulit yaitu mencapai rata-rata 32,37%. Pada kategori ketiga merujuk pada jawaban peserta didik untuk bagian tidak sulit memperoleh rataan sebesar 19,84%, kagetori sangat tidak sulit berdasarkan indikator materi yang tersedia, di mana perolehan pada kategori tersebut memperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 1,7%. Menunjukkan bahwa kesulitan belajar siswa tinggi atau mengalami banyak kesulitan balajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorMariya, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN GEOGRAFI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:55
Last Modified: 15 Jul 2024 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52863

Actions (login required)

View Item View Item