Pengaruh Overconfidence Bias dan Herding Bias terhadap Pengambilan Keputusan Gen Z di Kota Padang dalam Berinvestasi di Pasar Saham Indonesia

Saja, Muhammad Qodrie Andhika (2024) Pengaruh Overconfidence Bias dan Herding Bias terhadap Pengambilan Keputusan Gen Z di Kota Padang dalam Berinvestasi di Pasar Saham Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_Muhammad_Qodrie_Andhika_Saja_19043111_3495_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh overconfidence dan herding terhadap pengambilan keputusan investasi Gen Z di Kota Padang. Jenis penelitian ini ialah penelitian survey dengan kuesioner menggunakan data primer. Data primer diperoleh dari kuesioner yang telah diisi oleh responden. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 400 responden dengan latar belakang karyawan, mahasiswa dan siswa SMA dengan rentang umur 20-29 tahun. Teknik analisis data statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bias overconfidence berpengaruh positif signifikan terhadap pengambilan keputusan investasi Gen Z di Kota Padang, dan bias herding juga berpengaruh positif signifikan terhadap pengambilan keputusan Gen Z di Kota Padang. Manfaat dan implikasi dalam penelitian ini ialah diharapkan pembaca terkhususnya Gen Z yang akan ber investasi di pasar saham Indonesia lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir terjadinya resiko kerugian dalam berinvestasi untuk kalangan yang baru memulai investasinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzihardani, EkaUNSPECIFIED
CorrectorPebriyani, DewiUNSPECIFIED
CorrectorHelmayunita, NayangUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 Jul 2024 08:11
Last Modified: 11 Jul 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52844

Actions (login required)

View Item View Item