Novita, Reza
(2024)
Flashcard Sebagai Media dalam Praktik Literasi pada Anak
Berkebutuhan Khusus di SLB Autisma YPPA Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penulisan Flashcard Sebagai Media dalam Praktik Literasi pada Anak
Berkebutuhan Khusus di SLB Autisma YPPA Padang ini bertujuan untuk
mendeskripsikan: (1) pemanfaatan flashcard sebagai media dalam Praktik
Literasi pada Anak Berkebutuhan Khusus di SLB Autisma YPPA Padang. (2)
pembuatan flashcard sebagai media dalam Praktik Literasi pada Anak
Berkebutuhan Khusus di SLB Autisma YPPA Padang.
Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah penulisan deskriptif.
Teknik Pengumpulan data yang di lakukan adalah observasi, wawancara, tinjauan
pustaka, dokumentasi dan langkah kerja pembuatan flashcard yang dilaksanakan
di SLB Autisma YPPA Padang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pemanfaatan flashcard sebagai
media dalam praktik literasi pada anak berkebutuhan khusus di SLB Autisma
YPPA Padang sudah baik, namun pemberian flashcard sebelumnya masih kurang
diminati oleh anak sehingga membutuhkan flashcard dengan tampilan yang lebih
menarik melalui (2) pembuatan flashcard sebagai media dalam praktik literasi
pada anak berkebutuhan khusus di SLB Autisma YPPA Padang dengan tema
transportasi dengan gambar menggunakan aplikasi tempel dari bahan kain
hardfelt pada buku bahan karton atau scrapbook sehingga diharapakn dapat
membantu anak berkebutuhan khusus autis agar lebih tertarik terhadap media
yang ditampilkan serta mudah dalam memahami berbagai bentuk dan jenis
kendaraan dalam kehidupan sehari-hari dalam berinteraksi sosial.
Actions (login required)
|
View Item |