Pengembangan Desain dan Instrumen Asesmen Portofolio Pembelajaran Sejarah (DIAPPS) Fase F Kurikulum Merdeka

Refita, Leni (2024) Pengembangan Desain dan Instrumen Asesmen Portofolio Pembelajaran Sejarah (DIAPPS) Fase F Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_02_LENI_REFITA_20046067_3478_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh portofolio pembelajaran sejarah sebagai bagian dari asesmen belum menjadi perhatian bagi guru-guru sejarah, tugas-tugas dalam modul ajar belum bervariasi, serta guru sejarah belum ada yang merancang desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah. Oleh karena itu penelitian dan pengembangan desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah ini penting dilakukan sebagai alternatif utama dalam mengevaluasi kemajuan belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini yakni menjabarkan tahapan dalam mengembangkan desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah serta menyajikan hasil uji kelayakan produk desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D).R&D merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan produk baru atau menyempurnakan produk yang sudah ada, kemudian memvalidasi produk tersebut yang diperuntukkan bagi pembelajaran.Model pengembangan menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation) namun pada kali ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dikarenakan keterbatasan waktu dan biaya.Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen angket.Teknik analisis data yang digunakan ada dua pendekatan, yaitu pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif.Pendekatan kualitatif dengan menganalisis saran dan komentar dari validator.Pendekatan kuantitatif didapatkan dari kelayakan DIAPPS menggunakan skala likert dengan rumus rerata. Hasil pengembangan DIAPPS (Desain dan Instrumen Asesmen Portofolio Pembelajaran Sejarah) melibatkan dua orang pakar ahli materi dan dua orang pakar ahli evaluasi yaknik dosen sejarah FIS UNP. Hasil uji validasi oleh ahli materi satu dan dua didapatkan rata-rata 3,67 dengan kategori sangat layak. Hasil uji validasi oleh ahli evaluasi satu dan dua menempatkan pada kategori sangat layak dengan rata-rata 3,56. Berdasarkan hasil uji validasi tersebut didapatkan bahwa desain dan instrumen asesmen portofolio pembelajaran sejarah sangat layak digunakan dalam pembelajaran sejarah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAisiah, AisiahUNSPECIFIED
CorrectorHastuti, HeraUNSPECIFIED
CorrectorMichellia, KarianaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: INSTRUMEN ASESMEN PORTOFOLIO, PROJEK, PEMBELAJARAN SEJARAH
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Jul 2024 08:06
Last Modified: 10 Jul 2024 08:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52819

Actions (login required)

View Item View Item