Azola, Yaora
(2024)
Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning
Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Permasalahan yang ditemukan di lapangan yaitu rendahnya hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPA yang disebabkan oleh beberapa faktor seperti
proses pembelajaran yang cenderung berlangsung dalam suasana yang monoton
dan membosankan serta kurang efektifnya model pembelajaran yang diterapkan
oleh guru. Berdasarkan data hasil nilai Ulangan Harian (UH)) kelas VIII
dan
VIII
2
masih dibawah rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang
ditentukan yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari
model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera.
Metode penelitian yang penulis lakukan ini merupakan penelitian
kuantitatif dengan bentuk Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Sutera dengan jumlah populasi sebanyak
128 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik
Purposive Sampling, yaitu dari dua kelas diambil dengan pertimbangan tertentu
yakni kelas VIII
1
sebagai kelas eksperimen sebanyak 25 siswa dan kelas VIII
sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan
teknik tes.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai post-test
siswa pada kelas eksperimen adalah 83 sedangkan rata-rata nilai post-test siswa
pada kelas kontrol adalah 75,4. Hasil pengujian menunjukan bahwa t
4,1304
> t
1,6772 pada taraf signifikan α 0,05 atau taraf kepercayaan 95% . Jadi
dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Quantum Learning memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di
SMPN 4 Sutera.
tabel
hitung
1
2
Actions (login required)
|
View Item |