Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi melalui Permainan Monopoli pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB N 1 Ampek Angkek.

Fadhillah, Farah (2024) Meningkatkan Kemampuan Mengontrol Emosi melalui Permainan Monopoli pada Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB N 1 Ampek Angkek. Skripsi thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img]
Preview
Text
B1_2_FARAH_FADHILLLAH_20003064_3508_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan permasalahan yang dilakukan di SLB N 1 Ampek Angkek. Hasil permasalahan yang ditemukan adalaha adanya seorang anak yang teridentifikasi anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) yang tidak dapat mengontrol emosinya yaitu emosi marah yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah emosi marah yang berlebihan pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder ( ADHD ) dapat berkurang dengan memberikan metode permainan monopoli. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A1-B-A2. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik polygon. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan adanya peningkatan emosi khususnya emosi marah yang berlebihan pada subjek.berdasarkan data yang diperoleh, mengontrol emosi pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) tidak dapat berkurang dengan metode permainan monopoli. Didukung dengan overlap yang tinggi. Pada hasil analisis antar kondisi baseline-I dengan intervensi persentase overlap sebesar 28% dan meningkat pada analisis anar kondisi intervensi dengan baseline-II yaitu %. Secara keseluruhan mengontrol emosi pada anak anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB N 1 Ampek Angkek tidak dapat berkuranh dengan metode permainan monopoli.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfendi, JonUNSPECIFIED
CorrectorMuspita, RilaUNSPECIFIED
CorrectorTriswandari, RetnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERMAINAN MONOPOLI, EMOSI, ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Jul 2024 03:26
Last Modified: 09 Jul 2024 03:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52772

Actions (login required)

View Item View Item