Aliwarman, Fauzan
(2024)
Pengaruh Metode Drill And Practice Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pratikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) Di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana pengaruh metode Drill And Practice memengaruhi pencapaian belajar siswa dalam praktikum Perawatan dan Perbaikan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini, terdapat dua kelompok sampel yang terlibat, yaitu kelas 12 Teknik Audio Video (TAV) sebagai kelompok eksperimen, dan kelas 12 Teknik Elektronika Industri (TEI) sebagai kelompok kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling. Alat penelitian yang digunakan meliputi soal pretest dan posttest dalam bentuk objektif serta lembar penilaian praktik yang diberikan setelah proses pembelajaran berakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memiliki rata-rata skor 83,80, yang lebih tinggi daripada kelompok kontrol dengan rata-rata skor 75,87. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode Drill and Practice memiliki pengaruh signifikan terhadap pencapaian belajar siswa sebesar 10,5%. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Thitung (3,290) lebih besar dari Ttabel (1,708), sehingga hipotesis (H0) ditolak dan hipotesis (H1) diterima. Kesimpulannya, pengaruh metode Drill And Practice secara signifikan memengaruhi hasil belajar siswa dalam praktikum Perawatan dan Perbaikan Peralatan Audio Video (P3AV) di kelas 12 Teknik Audio Video di SMK Negeri 1 Sumatera Barat.
Actions (login required)
|
View Item |