Kusumawardhani, Anisa
(2024)
Rancang Bangun Media Interaktif Berbasis Android Menggunakan Mit App Inventor dan Proteus pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar
Teknik Elektronika Kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 1 Bintan Utara.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini membahas tentang perancangan dan pembuatan media interaktif
berbasis Android menggunakan Mit App Inventor dan Proteus pada mata pelajaran
Dasar-Dasar Teknik Elektronika kelas X Teknik Elektronika Industri di SMK
Negeri 1 Bintan Utara. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif
berbasis Android dan memaksimalkan pemanfaatan Smartphone Android pada
proses pembelajaran. Media dibuat menggunakan bantuan Mit App Inventor,
Proteus serta Canva. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai
perancangan dan pembuatan. Penelitian ini menggunakan metode waterfall sebagai
perancangan dan pembuatan media interaktif yang terdiri dari 5 langkah. Hasil
penelitian menunjukkan media interaktif dapat membantu guru dan peserta didik
saat proses pembelajaran, dibuktikan dengan hasil uji validitas dan praktikalitas.
Uji validitas oleh ahli media dan ahli materi. Penilaian oleh kedua validator ahli
media secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai sebesar 92,66%
sehingga memasuki kategori “Sangat Valid”. Penilaian oleh kedua validator ahli
materi secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai sebesar 96%
sehingga memasuki kategori “Sangat Valid”. Untuk uji praktikalitas dilakukan oleh
15 orang peserta didik, secara keseluruhan pada 15 indikator mendapatkan nilai
sebesar 96% memasuki kategori “Sangat Praktis”. Diperoleh bahwa media
interaktif berbasis Android menggunakan Mit App Inventor dan Proteus dinyatakan
“Sangat Valid” dan ‘Sangat Praktis’ untuk dapat digunakan sebagai pendukung
proses pembelajaran.
Actions (login required)
|
View Item |