Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Instalasi Tata Udara SMK Negeri 1 Sumatra Barat

Purnama, Anang (2024) Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Instalasi Tata Udara SMK Negeri 1 Sumatra Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ANANG_PURNAMA_19063004_2054_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menilai pengaruh penerapan suatu model atau metode pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa untuk mata pelajaran Sistem Instalasi Tata Udara SMK Negeri 1 Sumatra barat. Rendahnya nilai siswa merupakan efek dari implementasi model pembelajaran yang belum mengoptimalkan tugas aktif siswa pada proses pembelajaran. Sehingga, dilakukan penelitian yang memanfaatkan model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) menjadi strategi agar meraih pembelajaran yang semakin efektif. Teknik analisis yang dipakai untuk penelitian ini yaitu ketuntasan belajar klasikal peserta didik serta analisis effect size. Jenis penelitian ini termasuk preeksperimen (pre-Eksperimental) melalui desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII Teknik Pendingin Dan Tata Udara (TPTU) yang berjumlah 25 siswa, Soal uji coba instrument pretest serta prottest dengan total 40 butir. Dari analisis soal uji coba, diperoleh soal valid pada pretest 29 soal serta posttest 27 soal. Reliabilitas soal pretest serta posttest tergolong sangat tinggi dengan hasil 0,815 untuk pretest dan 0,875 untuk posttest dimana ini termasuk dalam kategori sangat tinggi layak untuk digunakan. Pengaruh dari pembelajaran dengan model problem based learning ini bisa dilihat dari nilai rata-rata pretest yaitu 66,28 serta nilai rata-rata posttest 84,8. Analisis effect size Cohen sebesar 2,03, menandakan jika penerapan model PBL memiliki dampak besar. Selain itu, ketika dilakukan perhitungan ketuntasan hasil belajar peserta didik untuk nilai posttest, diperoleh persentase sebesar 88%, dimana nilai tersebut melebihi kriteria ketuntasan klasikal yang ditetapkan sebesar 85% pada kriteria keberhasilan yang tinggi. Dari hasil penelitian yang didapat, serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Sistem instalasi tata udara yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan model pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XII TPTU SMK Negeri 1 Sumatra Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHastuti, HastutiUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
CorrectorElfizon, ElfizonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektronika - D3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Jul 2024 07:56
Last Modified: 04 Jul 2024 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52736

Actions (login required)

View Item View Item