Kurniansih, Ayu Wulan (2024) Nilai-nilai Moral dalam Novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_01_Ayu_Wulan_Kurniansih_18016064_3388_2024.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Seiring berjalannya waktu, kecanggihan teknologi membuat informasi yang diperoleh sangatlah mudah tanpa adanya batasan yang menyebabkan perilaku dan pergaulan peserta didik semakin memprihatinkan, sehingga mereka lebih bebas dalam mengekspresikan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye, dan implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian berupa kalimat serta satuan peristiwa yang melibatkan tokoh. Sumber data penelitian adalah novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri serta format pencatatan data. Teknik pengabsahan data pada penelitian ini adalah teknik uraian rinci. Teknik penganalisisan data ada empat, yaitu mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menganalisis, dan menyimpulkan. Hasil penelitian dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye ditemukan tiga macam moral. Pertama, moral dalam lingkup hubungan manusia dengan diri sendiri. Kedua, moral dalam lingkup hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkungan sosial termasuk hubungan dengan lingkungan alam. Ketiga, moral dalam lingkup hubungan manusia dengan Tuhannya. Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) kelas XII semester II dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.9 menganalisis isi dan kebahasaan novel dan 4.9 merancang novel dengan memerhatikan isi dan kebahasaan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa moral yang paling dominan dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye adalah moral dalam lingkup hubungan manusia dengan diri sendiri. Nilai moral yang paling sedikit ditemui dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye adalah moral dalam lingkup hubungan manusia dengan Tuhannya. Beragam nilai-nilai moral dalam novel Si Anak Cahaya karya Tere Liye dapat memberikan pelajaran bagi siswa agar memiliki sikap, tutur kata, dan tata karma yang baik terutama di lingkungan sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos. | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2024 04:12 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2024 04:12 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52700 |
Actions (login required)
View Item |