Gerak Dasar Poncak 12 Sumber Penciptaan Tari Pasombahan Kreasi di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau.

Nurfazila, Nurfazila (2024) Gerak Dasar Poncak 12 Sumber Penciptaan Tari Pasombahan Kreasi di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_6_NURFAZILA_18023026_2368_2024.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Gerak Dasar Poncak 12 Sumber Penciptaan Tari Pasombahan Kreasi di Kecamatan Bangkinang Kota Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera dan flashdisk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tari Pasombahan Kreasi digunakan sebagai tari penghormatan dan penyambutan tamu-tamu agung di Kabupaten Kampar. Ragam gerak yang digunakan yaitu Sepok, Ulu Limpiong, Gletek, Klenjek, Punte Tali Bowuok, Elo Sombah dan Sombah. Busana yang digunakan dalam Tari Pasombahan Kreasi untuk penari perempuan adalah Baju Kurung Labuh yang berwarna merah dengan campuran benang emas, lalu busana penari laki-laki adalah baju Cekak Musang dan seluar Labuh Bertali yang berwarna merah dengan campuran benang emas. Semenjak Tari Pasombahan diciptakan pada tahun 2006 di Kecamatan Bangkinang Kota sampai sekarang keberadaan Tari Pasombahan Kreasi digunakan dan ditarikan oleh masyarakat Kabupaten Kampar dan sudah menjadi tari yang wajib untuk ditampilkan dalam berbagai acara diantaranya penyambutan Bupati Kampar, penyambutan mempelai pria dalam acara pesta pernikahan, acara HUT Kabupaten Kampar, acara MTQ Kabupaten Kampar, acara perpisahan sekolah yang ada di Kabupaten Kampar dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KREASI TARI, GERAK DASAR, TARI PASOMBAHAN
Subjects: M Music and Books on Music > ML Literature of music
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:29
Last Modified: 27 Jun 2024 02:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52691

Actions (login required)

View Item View Item