Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak Tari Siswa Siswi dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Pariwisata „Aisyiyah Sumatera Barat.

Fadli, Muhamad (2024) Pengaruh Penggunaan Aplikasi Emaze terhadap Peningkatan Kreativitas Gerak Tari Siswa Siswi dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMK Pariwisata „Aisyiyah Sumatera Barat. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_6_MUHAMAD_FADLI_19023026_2385_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan penggunaan aplikasi Emaze sebagai media pembelajaran Seni Budaya (Tari) di SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Peneliti sendiri menjadi instrumen penelitian dengan dukungan instrumen seperti kamera dan lembar indikator penilaian untuk tes (Pre-Test dan Pos-Test) pada mata pelajaran Seni Budaya dengan materi "Gerak Tari Kreasi Indang". Populasi penelitian ini terdiri dari 11 siswa-siswi kelas X SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat. Sampel penelitian menggunakan teknik sampling kelompok atau rumpun (Cluster). Teknik pengumpulan data meliputi tes kreativitas gerak tari, observasi, dan wawancara. Langkah-langkah analisis data meliputi klarifikasi data, deskripsi data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Emaze memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan kreativitas gerak tari siswa-siswi kelas X SMK Pariwisata Aisyiyah Sumatera Barat, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar dalam mata pelajaran Seni Budaya. Kreativitas belajar siswa juga meningkat karena tampilan 2D hingga 3D dari aplikasi Emaze. Hal ini terbukti dari hasil ujian praktik siswa yang sangat memuaskan dan mencapai tujuan pembelajaran sesuai dengan modul ajar. Guru memberikan apresiasi terhadap penggunaan aplikasi Emaze sebagai media pembelajaran Seni Budaya (Tari) dan merasa antusias untuk mempelajari penggunaan aplikasi Emaze agar dapat mengintegrasikannya dalam pengajaran dengan menggunakan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, FujiUNSPECIFIED
CorrectorHidayat, Hengki ArmezUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: APLIKASI EMAZE, GERAK TARI, SENI BUDAYA
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:58
Last Modified: 26 Jun 2024 08:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52690

Actions (login required)

View Item View Item