Pelaksanaan Pembelajaran Apresiasi Keberagaman Lagu Daerah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP.

Waruwu, Cici Putri Susanti (2024) Pelaksanaan Pembelajaran Apresiasi Keberagaman Lagu Daerah di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B1_6_CICI_ PUTRI_ SUSANTI_ WARUWU_20232004_2773_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran apresiasi keberagaman lagu daerah di kelas VIII B SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri sebagai instrument utama dan instrument pendukung seperti alat tulis dan handphone. Pengumpulan data dilakukan melalui tahap studi kepustakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, mengklarifikasikan data, menganalisis data, mendeskripsikan dan menyimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum sepenuhnya berpedoman pada modul ajar yang berfokus pada tujuan pembelajaran dan dirumuskan pada alur tujuan pembelajaran. Hal tersebut membuat proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal karena alur pembelajaran yang tidak sistematis. Metode pendekatan yang digunakan oleh guru yaitu konvensional mengarah ke metode ceramah dan tidak variatif di setiap pertemuan. Selanjutnya, hasil asesmen sumatif menunjukkan masih terdapat peserta didik yang kurang memahami materi apresiasi keberagaman lagu daerah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLumbantoruan, JagarUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, RobbyUNSPECIFIED
CorrectorPratama, Olan YoghaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, LAGU DAERAH, APRESIASI
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jun 2024 04:47
Last Modified: 26 Jun 2024 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52679

Actions (login required)

View Item View Item