Amelisa, Amelisa
(2024)
Pengembangan LKPD berbasis Discovery Learning tentang
Materi Sistem Ekskresi untuk Peserta Didik Kelas XI MIPA
SMA.
Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.
Abstract
Media pembelajaran merupakan sarana pembelajaran yang digunakan untuk
memudahkan guru memberikan materi pembelajaran kepada peserta didik.
Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membantu peserta didik
memahami materi pembelajaran dengan cepat. Berdasarkan hasil observasi di SMA
Negeri 1 Natal penggunaan media pembelajaran yang digunakan di Kelas belum
efektif dan peserta didik cenderung pasif selama proses pembelajaran Biologi
berlangsung. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis
discovery learning tentang materi sistem ekskresi untuk peserta didik kelas XI
MIPA SMA merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan yang ditemukan pada
proses pembelajaran Biologi dan membantu peserta didik memahami materi
pembelajaran khususnya materi sistem ekskresi.
Pengembangan LKPD ini menggunakan model 4-D yang dimodifikasi
menjadi 3-D, yang terdiri dari tiga tahap yaitu: define, design, dan develop. Subjek
penelitian ini adalah dua orang dosen Biologi Universitas Negeri Padang dan satu
orang guru Biologi di SMA Negeri 1 Natal sebagai validator, serta guru Biologi di
SMA Negeri 1 Natal dan 36 orang peserta didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1
Natal untuk uji praktikalitas produk yang dikembangkan. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, angket observasi
peserta didik, angket validitas, dan angket praktikalitas.
Hasil uji validitas LKPD berbasis discovery learning tentang materi
sistem ekskresi untuk peserta didik Kelas XI MIPA SMA adalah 94,3% dengan
kriteria sangat valid. Sedangkan hasil uji praktikalitas LKPD adalah 91,9% dengan
kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji praktikalitas
disimpulkan bahwa LKPD berbasis discovery learning tentang materi sistem
ekskresi untuk peserta didik Kelas XI MIPA SMA adalah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |