Pengaruh Penerapan Model PembelajaranKooperatif Think Pair Square terhadapPemahaman Konsep Matematis Peserta DidikKelas XI MIPA SMAN 12 Padang.

Zahira, Syakira Gema (2024) Pengaruh Penerapan Model PembelajaranKooperatif Think Pair Square terhadapPemahaman Konsep Matematis Peserta DidikKelas XI MIPA SMAN 12 Padang. Skripsi thesis, Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
B.1_01_SYAKIRA_GEMA_ZAHIRA_18029092_1198_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pemahaman konsep merupakan salah satu tujuan pembelajaranmatematika yang harus dikuasai oleh peserta didik. Namun berdasarkan hasil tesyang dilakukan di kelas XI MIPA SMAN 12 Padang, diketahui bahwapemahaman konsep matematis peserta didik masih rendah. Solusi untukmengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajarankooperatif Think Pair Square. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikanperkembangan pemahaman konsep matematis peserta didik selama diterapkanmodel pembelajaran kooperatif TPSq serta menganalisis dan mendeskripsikanapakah pemahaman konsep matematis peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif TPSq lebih baik daripada peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran langsung di kelas XI MIPA SMAN 12 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-experiment dengan rancanganpenelitian The Non-equivalent Posttest-Only Control Group Design. Pengambilansampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling, dan terpilih kelas XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa kuis dan tes akhir pemahaman konsep matematis. Data perkembangan pemahaman konsep matematis dideskripsikan melalui hasil kuis, sedangkan hasil tes akhir dianalisis dengan uji Mann-Whitney. Berdasarkan hasil kuis diperoleh bahwa pemahaman konsep matematispeseta didik kelas XI MIPA SMAN 12 Padang mengalami peningkatan selamadilakukan model pembelajaran kooperatif TPSq. Selain itu berdasarkanhasil analisis data tes akhir, diperoleh

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNasution, Minora LonggomUNSPECIFIED
CorrectorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep Matematis, Think Pair Square
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 07:19
Last Modified: 25 Jun 2024 07:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52662

Actions (login required)

View Item View Item