Hidayat, Rahmat
(2024)
Kontribusi Mata Pelajaran Produk Kreatif
Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI
Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Penelitian ini didasari oleh belum adanya minat siswa tamatan SMK
Negeri 2 Payakumbuh untuk berwirausaha. Melihat dari data tamatan Jurusan
teknik otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh tahun 2022 masih belum terlihat
keinginan siswa yang telah selesai melaksanakan pendidikan di SMK Negeri 2
Payakumbuh untuk berwirausaha,sedangkan siswa telah dibekali pembelajaran
Produk Kreatif Kewirausahaan dan didorong untuk berwirausaha. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kontribusi mata pelajaran Produk Kreatif
Kewirausahaan (PKK) terhadap minat berwirausaha siswa jurusan teknik otomotif
di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah metode penelitian
kuantitatif yang bersifat korelasional. Penelitian kuantitatif adalah penelitian
metode yang berlandaskan filsafat positivisme yang digunakan untuk meneliti
populasi atau sampel tertentu. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui
kontribusi mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan terhadap minat
berwirausaha siswa kelas XI Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh.
Besarnya kontribusi ditetapkan melalui koefisien korelasi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Pembelajaran produk kreatif dan
kewirausahaan berkontribusi signifikan terhadap minat berwirausaha siswa
Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Hasil penelitian
diperoleh nilai korelasi sebesar 0,311 dengan tingkat hubungan rendah. Sehingga
dapat disimpulkan tingkat kontribusi pembelajaran produk kreatif dan
kewirausahan terhadap minat berwirausaha tingkat pengaruh rendah pada interval
0,20 - 0,399. Dilihat dari hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000
< 0,05. Berdasarkan pengujian koefisien determinasi yang menunjukan nilai
koefisien korelasi (R) sebesar 0,19 yang artinya terdapat hubungan yang
signifikan antara variabel pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan
terhadap minat berwirausaha siswa karena nilai R mendekati 1. Nilai R2 sebesar
0,138 yang berarti 19 % variabel pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan
berkontribusi terhadap minat berwirausaha siswa.
Actions (login required)
|
View Item |