Pengembangan Simulator Sistem Pengisian IC Regulator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKKR Di SMKN 1 Bukittinggi

Subeki, Kevin (2024) Pengembangan Simulator Sistem Pengisian IC Regulator Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKKR Di SMKN 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_09_KEVIN_SUBEKTI_19073023_2669_2024.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

Penelitian memiliki latar belakang yaitu tidak cukupnya media pembelajaran Praktik yang dimiliki SMK Negeri 1 Bukittinggi dalam topik pembelajaran yaitu sistem pengisian pada kendaraan. Yang menyebabkan pembelajaran yang dilaksanakan kurang maksimal, karena guru hanya bisa menjelaskan tentang sistem pengisian ini secara teori saja dan itu juga membuat siswa merasa cepat bosan dan tidak memiliki semangat belajar untuk mengikuti pembelajaran. Pada penelitian ini memiliki tujuan berupa membuat sebuah media pembelajaran berupa sebuah simulator sistem pengisian IC Regulator guna untuk memaksimalkan pembelajaran yang di dapatkan oleh siswa. Adapun jenis penelitiannya ialah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan penelitian 4D. Data penelitian didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner terkait dengan uji validitas dan praktikalitas yang dilakukan secara langsung di SMK Negeri 1 Bukittinggi yang di dampingi oleh guru mata pelajaran. Data di olah dan di dapatkanlah hasil dari uji validitas dari validator media mendapatkan nilai 93% kategori sangat valid dan oleh validator materi mendapatkan nilai 91% kategori sangat valid. Lalu uji praktikalitas oleh guru dan siswa, dari guru mendapatkan nilai 94% kategori sangat praktis dan siswa sebanyak 30 dengan rata rata 88% kategori praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSugiarto, TotoUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorSaputra, Hendra DaniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Simulator, Sistem Pengisian, IC Regulator, Media Pembelajaran.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:35
Last Modified: 25 Jun 2024 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52644

Actions (login required)

View Item View Item