Pengaruh Variasi Gear Pada Sisi Alternator Turbin Angin Terhadap Tegangan Dan Arus Listrik Yang Dihasilkan Pada Sepeda Motor 4 Langkah

Ikhwan, Aroma (2024) Pengaruh Variasi Gear Pada Sisi Alternator Turbin Angin Terhadap Tegangan Dan Arus Listrik Yang Dihasilkan Pada Sepeda Motor 4 Langkah. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_09_AROMA_IKHWAN_19073039_1260_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sepeda motor adalah kendaraan yang sering dipergunakan manusia untuk berpergian sehingga mempermudah manusia dalam proses pekerjaannya. Sepeda motor memerlukan bahan bakar untuk proses kerjanya. Bahan bakar adalah kebutuhan pokok utama pada mesin untuk pembakaran dalam. Oleh sebab itu, tentunya masyarakat yang memiliki kendaraan pasti membutuhkan bahan bakar untuk kendaraannya karena bahan bakar ini begitu besar pengaruhnya terhadap kendaraan. Bahan bakar kendaraan hidrogen-listrik agar dapat digunakan, harus melalui proses pemisahan molekul air (elektrolisis) menjadi hidrogen dan oksigen. Pada penelitian sebelumnya, tegangan dan arus yang dihasilkan masih kecil dan membutuhkan daya yang lebih besar. Solusi peneliti yaitu menambahkan vriasi gear pada sisi alternator yang akan mempengaruhi tegangan dan arus listrik menjadi naik dari penelitian sebelumnya. Metoda perlakuan iniyaitu eksprimental yang diuji pada kecepatan 40 km, 50 km, 60 km dan 70 km/jam. Hasil pengujian pada pemasangan gear dengan Gear 1 jumlah gigi = 76, Gear 2= 65, Gear 3= 54 sedangkan pada Gear yang akan dikombinasikan dengan ketiga gear tersebut jumlah gigi yaitu 49. Gear terbaik adalah Gear 1 saat pengujian tegangan dan arus diperoleh 3,1V tegangannya dan arus 0,07 A yang diperoleh saat kecepatan 40 km, kemudian 4,0 V tegangan dan arus 0,27A yang diperoleh saat 50 km, 4,9V tegangan dan arus 0,36 A pada kecepatan 60 km dn 5,9 V tegangan dan arus 0,43 pada kecepatan 70 km . Maka kesimpulan didapatkan yaitu hasil yang meningkat pada kecepatan maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
CorrectorMilana, MilanaUNSPECIFIED
CorrectorArif, AhmadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Alternator, Arus , Bodi Tambahan, Roda Gigi, Tegangan, Turbin Angin
Subjects: T Technology
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 25 Jun 2024 03:15
Last Modified: 25 Jun 2024 03:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52641

Actions (login required)

View Item View Item