Elmoudi, Muhammad Fatiy
(2024)
Desain dan Analisis Rangka Sepeda Motor Listrik Tipe Trail Menggunakan Finite Element Analysis.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Sepeda motor saat ini sebagian besar masih menggunakan bahan bakar fosil yang menimbulkan dan meningkatnya tingkat polusi udara yang disebabkan oleh emisi gas buang (Wandani et al., 2018).Peralihan dari sepeda motor bensin ke sepeda motor listrik hanya membutuhkan beberapa perubahan, terutama pada rangka mesin (Hastuti et al., 2022).Analisis rangka menjadi penting karena rangka adalah kerangka dasar sepeda motor yang menopang semua komponen lainnya.Tujuan penelitian ini melakukan proses perancangan pada rangka untuk menemukan desain yang efektif.PenelitianinimenggunakanmetodesimulasiComputer Aided Engineering (CAE) menggunakanperangkatlunakSolidwork Research License 2021-2022.Material yang digunakan pada analisis simulasi adalah DIN 1.0038. Validasi data pada mepenlitian ini menggunakan perbandingan menggunakan dua software yaitu Ansys 2023 Student dan Solidwork Research License 2021-2022. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini nilai tegangan maksimum pada model 1 sebesar 120, 280 MPa, dengan nilai deformasi 0,289 mm, dan nilai factor of safety 2, berat pada rangka model 1 yaitu 12,6 kg. Pada rangka model 2 hasil dari tegangan maksimum sebesar 165, 295 MPa, dengan nilai deformasi 0,556 mm, dan nilai factor of safety 1,4, berat pada rangka model 2 yaitu 11,6 kg. Dari kedua model rangka desain yang terbaik ada dimodel 1, karena rangka model 1 memiliki kelebihan pada nilai tegangan maksimum, deformasi, dan factor of safety. Kekurangan pada rangka model 1 terletak pada beban rangka yang lebih berat dibandingkan dengan rangka model 2.
Actions (login required)
|
View Item |