Pratama, Raymon
(2024)
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning
untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa
Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Merancang
dengan CAM di SMK Negeri 1 Bukittinggi.
Skripsi thesis, Fakultas Teknik.
Abstract
Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan,
sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting
Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran.
Menurunnya aktivitas belajar serta perolehan hasil belajar peserta didik terhadap
mata pelajaran Teknik Merancang dengan CAM kelas XI TM 2 di SMK Negeri 1
Bukittinggi masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester
genap tahun 2022/2023 terdapat peserta didik belum memenuhi standar penilaian
KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup
bervariasi.
Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik
dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis project based learning
(PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action
research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TPM 2 bertotal 30 orang siswa.
Penelitian ini dilaksanakan di bulan Februari-April 2024 memiliki 2 siklus.
Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan hasil
belajar aspek afektif siswa dan soal tes pilihan ganda untuk aspek kognitif serta
lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik. Perolehan hasil aktivitas
belajar siswa yang ditetapkan minimal 80% dengan kategori aktif.
Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata-aktivitas belajar siswa
70.42% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 82.12%. Peningkatan
aktivitas belajar siklus 1 dan siklus 2 sebesar 11,61%. Indikator keberhasilan
penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas
belajar siswa sebesar 82.12%. Pengamatan hasil belajar peserta didik setiap
siklusnya dilihat dari hasil penelitian pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar
79 memiliki peningkatan signifikat pada siklus 2 menjadi 86.1. Persentase
ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 53% adanya peningkatan siklus 2 menjadi 87%.
Indikator keberhasilan pada hasil belajar dalam penelitian yang ditetapkan yaitu
KKM 80 dengan ketuntasal klasiklal minimal 80%.
Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapankan model pembelajaran
berbasis project based learning (PjBL) di mata pelajaran Teknik Merancang
dengan CAM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |