Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Merancang dengan CAM di SMK Negeri 1 Bukittinggi

Pratama, Raymon (2024) Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Mata Pelajaran Teknik Merancang dengan CAM di SMK Negeri 1 Bukittinggi. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B.1_07_RAYMON_PRATAMA_20067063_3060_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran dikelas merupakan kunci utama keberhasilan pendidikan, sehingga model pembelajaran yang diterapkan oleh guru menjadi hal yang penting Hasil belajar menjadi kriteria keberhasilan peserta didik pada suatu pembelajaran. Menurunnya aktivitas belajar serta perolehan hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Teknik Merancang dengan CAM kelas XI TM 2 di SMK Negeri 1 Bukittinggi masih rendah di buktikan dengan rendahnya hasil ujian akhir semester genap tahun 2022/2023 terdapat peserta didik belum memenuhi standar penilaian KKM yang diakibatkan model pembelajaran dipakai pendidik belum cukup bervariasi. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL). Penelitian yang dilakukan memakai metode penelitian classroom action research. Subjek penelitian ialah siswa kelas XI TPM 2 bertotal 30 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan di bulan Februari-April 2024 memiliki 2 siklus. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas belajar dan hasil belajar aspek afektif siswa dan soal tes pilihan ganda untuk aspek kognitif serta lembar pengamatan proyek pada tingkat psikomotorik. Perolehan hasil aktivitas belajar siswa yang ditetapkan minimal 80% dengan kategori aktif. Hasil pengamatan siklus 1 menunjukkan rata-rata-aktivitas belajar siswa 70.42% dan pada siklus 2 rata-rata aktivitas belajar siswa 82.12%. Peningkatan aktivitas belajar siklus 1 dan siklus 2 sebesar 11,61%. Indikator keberhasilan penelitian telah tercapai pada siklus 2 dibuktikan dengan perolehan hasil aktivitas belajar siswa sebesar 82.12%. Pengamatan hasil belajar peserta didik setiap siklusnya dilihat dari hasil penelitian pada siklus 1 memperoleh rata-rata sebesar 79 memiliki peningkatan signifikat pada siklus 2 menjadi 86.1. Persentase ketuntasan klasikal siklus 1 sebesar 53% adanya peningkatan siklus 2 menjadi 87%. Indikator keberhasilan pada hasil belajar dalam penelitian yang ditetapkan yaitu KKM 80 dengan ketuntasal klasiklal minimal 80%. Kesimpulan dari penelitian ini dengan menerapankan model pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) di mata pelajaran Teknik Merancang dengan CAM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahim, BulkiaUNSPECIFIED
CorrectorIndrawan, EkoUNSPECIFIED
CorrectorJasman, JasmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Project Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar, Teknik Merancang dengan CAM
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Jun 2024 08:44
Last Modified: 24 Jun 2024 08:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52636

Actions (login required)

View Item View Item