Adzandri, Faraz
(2024)
Pengaruh Influencer Marketing pada Media Sosial Instagram terhadap Buying Intention di Restoran Lobo & Juno.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Di era digital society 5.0, media sosial menjadi salah satu platform yang penting bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan jasa mereka. Salah satu strategi pemasaran yang banyak digunakan adalah influencer marketing, yaitu dengan bekerja sama dengan individu yang memiliki banyak pengikut di media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh influencer marketing pada media sosial Instagram terhadap buying intention di Restoran Lobo & Juno. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal dan teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah 120 orang pengikut @tinandbel yang pernah menyukai konten influencer tersebut mengenai restoran Lobo & Juno. Pendekatan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan struktur skala Likert yang telah melalui penilaian validitas dan reliabilitas. Dengan nilai persentase sebesar 65%. hasil R-squared menunjukkan bahwa influencer marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli; sisanya sebesar 35% dijelaskan oleh faktor lain.
Hasil uji hipotesis menunjukkan t-statistik sebesar 12,13 > 1,96 dan nilai p-value sebesar 0,00 < 0,05, yang mengindikasikan bahwa karakteristik influencer marketing memiliki dampak yang besar terhadap niat beli. Temuan ini mendukung temuan studi. Berdasarkan temuan penelitian, Ha diterima sedangkan H0 ditolak.
Actions (login required)
|
View Item |