Partisipasi Lansia dalam Memanfaatkan Posyandu Lansia (Studi Kasus: Posyandu Lansia di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok)

Selvia, Shindy (2024) Partisipasi Lansia dalam Memanfaatkan Posyandu Lansia (Studi Kasus: Posyandu Lansia di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SHINDY_SELVIA_18058112_3118_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia dalam memanfaatkan posyandu lansia di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Penelitian ini penting dilakukan karena upaya untuk meningkatkan kesehatan lansia pemerintah melaksanakan program posyandu lansia dan dalam pelaksanaannya dibutuhkan partisipasi lansia agar tercapainya tujuan diadakannya posyandu lansia. Namun pada kenyataannya partisipasi lansia masih termasuk rendah. Teori dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional dengan Skema AGIL oleh Talcott Parson. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling dengan 44 informan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia dalam memanfaatkan posyandu lansia. Faktor yang menyebabkan rendahnya partisipasi lansia yaitu (1) faktor sosial (2) faktor ekonomi (3) faktor psikologis (4) faktor budaya (5) faktor kejenuhan dalam pelayanan (6) faktor manfaat dan keberhasilan (7) faktor pengetahuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWirdanengsih, WirdanengsihUNSPECIFIED
CorrectorSusilawi, NoraUNSPECIFIED
CorrectorAmelia, LiaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: POSYANDU LANSIA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jun 2024 00:49
Last Modified: 20 Jun 2024 00:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52581

Actions (login required)

View Item View Item