Peran Relawan BAS dalam Pemenangan Bobi Alexander Siregar Pada Pemilu DPRD di Daerah Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam

Prisliani, Seftarina Dwi (2024) Peran Relawan BAS dalam Pemenangan Bobi Alexander Siregar Pada Pemilu DPRD di Daerah Kavling Senjulung Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_SEFTARINA_DWI_PRISLIANI_3119_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana peran relawan BAS dalam pemenangan Bobi. Penelitian ini penting untuk dilakukan karena relawan demokrasi merupakan ujung tombak baru yang ikut membantu dalam pemenangan Bobi Alexander Siregar di Kelurahan Kabil. Maka dari itu relawan BAS dibentuk untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih dan kesejahteraan masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori gerakan sosial dari seorang ahli bernama Robert Mirsel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling dengan 15 orang informan. Terdapat 4 kriteria informan dalam penelitian ini yaitu pak Bobi selaku anggota legislatif, relawan BAS, perangkat desa/lurah, masyaraka yang membantu proses peneliti dalam mencapai tujuan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam (indeph interview) dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah analisis data model Miles Huberman yang meliputi reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran relawan BAS antara lain, Pertama, melakukan sosialisasi melalui a). Media Sosial, b). Penyebaran Spanduk, c). Blusukan. Kedua, Menjemput aspirasi masyarakat terkait dari a). pembangunan jalan di Kelurahan Kabil, b). Pembuatan selokan di Kelurahan Kabil. Ketiga, menjadi perantara penerimaan bantuan tepat sasaran kepada masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusilawati, NoraUNSPECIFIED
CorrectorAmri, EmizalUNSPECIFIED
CorrectorMardhiah, DesyUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: RELAWAN BAS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 20 Jun 2024 00:48
Last Modified: 20 Jun 2024 00:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52578

Actions (login required)

View Item View Item