Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Siswa Korban Bullying.

Fadilla, Rifdha (2024) Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Siswa Korban Bullying. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RIFDHA_FADILLA_19006038_530_2024.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kasus bullying masih sering terjadi di sekolah, korban bullying berasal dari orang-orang yang dianggap lemah. Korban bullying di sekolah perlu mendapatkan dukungan sosial dari teman sebaya. Dukungan sosial teman sebaya merupakan bentuk kepedulian, kenyamanan, penghargaan atau bantuan yang diterima seseorang dari orang lain atau kelompok. Dukungan dari teman sebaya merupakan cara yang paling proaktif untuk mencegah tindakan negatif dari dampak bullying terhadap korbannya, sehingga anak yang menjadi korban bullying tidak merasa sendirian dan memiliki kekuatan untuk melawan ketidakberdayaan serta keputuasaannya akibat bullying. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial teman sebaya terhadap siswa korban bullying dilihat dari aspek, yaitu: 1) Dukungan emosional, 2) Dukungan Penghargaan, 3) Dukungan Instrumental, 4) Dukungan Informasional, dan 5) Dukungan Jaringan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Penarikan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan total sampel sebanyak 45 orang siswa SMA Negeri 1 Hiliran Gumanti. Instrumen yang digunakan yaitu angket dukungan sosial teman sebaya yang sudah diuji reliabilitas dengan cronbach’s alfa sebesar 0,947. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan dukungan sosial teman sebaya terhadap siswa korban bullying secara keseluruhan berada pada kategori rendah. Selanjutnya jika ditinjau dari masing-masing aspek yaitu: 1) Dukungan emosional berada pada kategori sedang, 2) Dukungan penghargaan berada pada kategori rendah, 3) Dukungan instrumental berada pada kategori rendah, 4) Dukungan informasional berada pada kategori rendah, 5) Dukungan jaringan berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian ini layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan untuk meningkatkan dukungan sosial teman sebaya terhadap korban bullying, yaitu layanan informasi dengan materi “pentingnya motivasi dalam belajar”, layanan bimbingan kelompok dengan topik tugas “pentingnya dukungan persaudaraan dan rasa saling menghargai sesama teman”, dan layanan konseling individual sesuai dengan permasalahan yang dialami oleh siswa korban bullying agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKarneli, YeniUNSPECIFIED
CorrectorSano, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorZahri, Triave NuzilaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Jun 2024 00:40
Last Modified: 19 Jun 2024 00:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52565

Actions (login required)

View Item View Item