Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Asam Laktat (BAL) pada Tempoyak Durian Tembaga (Durio zibethinus Murr.) dari Padang Pariaman Sumatera Barat”

Fadila, Sharah Iza (2024) Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Asam Laktat (BAL) pada Tempoyak Durian Tembaga (Durio zibethinus Murr.) dari Padang Pariaman Sumatera Barat”. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_SHARAH_IZA_FADILA_20032037_1700_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bakteri asam laktat adalah kelompok bakteri yang memproduksi asam laktat sebagai produk metabolik. BAL adalah bakteri Gram positif berbentuk kokus, batang tidak berspora dan bersifat mikroaerofilik. BAL dapat diisolasi dari berbagai olahan pangan fermentasi salah satunya adalah tempoyak. Tempoyak merupakan produk olahan buah durian yang dibuat dengan cara fermentasi spontan secara anaerob selama 3–7 hari. Fermentasi tempoyak melibatkan bakteri asam laktat (BAL) yaitu jenis bakteri yang dapat menghasilkan asam laktat, hidrogen peroksida, antimikroba, dan hasil metabolisme lain yang memberikan pengaruh positif bagi produktivitas makanan terutama makanan fermentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi bakteri asam laktat (BAL) dari fermentasi durian tembaga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Isolasi dan Karakterisasi BAL dilakukan dengan metode Total Plate Count (TPC) menggunakan medium selektif MRSA. Karakterisasi BAL dilakukan dengan pengamatan mikroskopis dan makroskopis dengan metode pewarnaan Gram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan 3 Isolat BAL. pengamatan makroskopis diperoleh koloni bentuk bulat (circular), tepian licin (entire), elevasi (convex dan raised) dan berwarna putih susu. Pengamatan mikroskopis diperoleh koloni bakteri gram positif berbentuk sel batang (bacill).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFevria, RestiUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Dwi HildaUNSPECIFIED
CorrectorHandayani, DeziUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISASI BAKTERI ASAM LAKTAT
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 14 Jun 2024 09:52
Last Modified: 14 Jun 2024 09:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52560

Actions (login required)

View Item View Item