Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Peningkatan Kemampuan Dribbling bola pada Pemain Academy Tunas Harapan Lubuk Basung

Yasir, Naufal Mahdy (2023) Pengaruh Latihan Kelincahan Terhadap Peningkatan Kemampuan Dribbling bola pada Pemain Academy Tunas Harapan Lubuk Basung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_NAUFAL_MAHDY_YASIR_19087119_2130_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan dribbling pemain Academy Tunas Harapan Lubuk Basung belum begitu baik. Hal ini diketahui bahwa dalam bermain pem ain sering tidak bisa melewati lawan sehingga bola sering direbut oleh lawan. Faktor yang menyebabkan hal tersebut adalah kelincahan (agility). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh latihan kelincahan terhadap peningkatan kemampuan dribbling pemain Academy Tunas Harapan Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan menggunakan one grup pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Acadmy Tunas Harapan Lubuk Basung yang berjumlah 70 orang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 pemain dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data kemampuan dribbling dilakukan dengan tes dribbling zig-zag Nurhasan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis uji t dengan taraf singnifikan a = 0,05. Hasil penelitian menunjukan terdapat peningkatan singnifikan dari pretest dengan rata-rata 21,45 menjadi 20,25 dan pada posttest thitung (3, 128) > dimana ltabel (1,708) terdapat pengaruh latihan kelincahan terhadap peningkatan kemampuan dribbling bola pada pemain Academy Tunas Harapan Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFardi, AdnanUNSPECIFIED
CorrectorAfrizal, AfrizalUNSPECIFIED
CorrectorArwandi, JohnUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Jun 2024 09:52
Last Modified: 14 Jun 2024 09:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52558

Actions (login required)

View Item View Item