Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 40 Meter Pada Siswa Potra Kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara

Hafiz, Rusmay (2023) Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Belajar Lari Sprint 40 Meter Pada Siswa Potra Kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_RUSMAY_HAFIZ_19086248_1738_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas capaian hasil belajar lari sprint 40 meter melalui pendekatan bermain pada siswa putra kelas V SD N 29 Ganting Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode one group pretest-posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa putra kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara. Sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa putra. Instrumen penelitian untuk tes yang digunakan adalah tes lari sprint 40 meter. Adapun teknik analisis data menggunakan uji paired-t test, yait dengan maksud membandingkan nilai rata-rata dari hasil pretest dan posttest sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan sampel yang sama. Sebelum uji paired-t test terlebih dahulu dilakukan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode bermain, rata-rata siswa mengalami peningkatan, yaitu 0,13. Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode bermain terhadap peningkatan hasil belajar lari sprint 40 meter pada siswa putra kelas V SD Negeri 29 Ganting Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIhsan, NurulUNSPECIFIED
CorrectorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorFebrian, MarioUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Jun 2024 09:11
Last Modified: 14 Jun 2024 09:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52552

Actions (login required)

View Item View Item