Hubungan Kecepatan Reaksi dan Daya Ledak Otot Lengan dengan Kemampuan Pukulan Forehand Drive Atlet Tenis Meja Segar Table Tenis Club (STTC) Kota Bengkulu

Warzuqni, Oka Rahma (2024) Hubungan Kecepatan Reaksi dan Daya Ledak Otot Lengan dengan Kemampuan Pukulan Forehand Drive Atlet Tenis Meja Segar Table Tenis Club (STTC) Kota Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_OKA_RAHMA_WARZUQNI_20086577_2234_2024.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah diduga kemampuan teknik Pukulan forehand drive atlet tenis meja belum begitu baik, banyak faktor yang menyebabkan kemampuan Pukulan forehand drive, diantaranya kecepatan reaksi dan daya ledak otot lengan. Maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kecepatan reaksi dan daya ledak otot lengan dengan kemampuan teknik Pukulan forehand drive atlet tenis meja Segar Table Tennis Club (STTC) Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi adalah atlet tenis meja Segar Table Tennis Club (STTC) Kota Bengkulu berjumlah 44 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Maka jumlah sampel adalah 20 orang atlet putera. Data dikumpulkan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variable, kecepatan reaksi diukur dengan ruler drop test, dan daya ledak otot lengan menggunakan tes one hand medicine ball put. Kemampuan teknik pukulan forehand drive menggunakan tes forehand drive. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kecepatan reaksi (X1) mempunyai hubungan dengan kemampuan teknik pukulan forehand drive (Y), diperoleh Ihitung 0,539 > Ttabel 0,444. 2) Daya ledak otot lengan (X2) mempunyai hubungan dengan teknik pukulanforehand drive (Y) dengan diperoleh Thitung 0,493 > Itabel 0,444. 3) Terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kecepatan reaksi dan daya ledak otot lengan ecara bersama-sama dengan kemampuan teknik pukulan forehand drive, dengan diperoleh Rhitung = 0,693 > Rtabel 0,444.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErianti, EriantiUNSPECIFIED
CorrectorBakhtiar, SyahrialUNSPECIFIED
CorrectorSari, Dessi NovitaUNSPECIFIED
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 14 Jun 2024 09:11
Last Modified: 20 Jun 2024 07:25
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52551

Actions (login required)

View Item View Item