Rancang Bangun Trainer Elektro Pneumatik Menggunakan PLC Omron Type CP1E Untuk Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR) di SMK Negeri 5 Padang

Malqadri, Doni (2024) Rancang Bangun Trainer Elektro Pneumatik Menggunakan PLC Omron Type CP1E Untuk Mata Pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR) di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_DONI_MALQADRI_19065004_1161_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun trainer elektro pneumatic menggunakan PLC Omron type CP1E untuk mata pelajaran pengendali system robotic (PSR) di SMK N 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Perancangan dilakukan baik dari segi perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Secara urut membutuhkan suatu hubungan secara utuh dan menyeluruh berupa konsep perancangan dengan menggunakan metode waterfall yang meliputi: analisis kebutuhan, perancangan perangkat keras, perancangan perangkat lunak, dan pembuatan alat serta pengujian. Berdasarkan hasil penelitian ditarik kesimpulan bahwa Media pembelajaran trainer electro pneumatic pada mata pelajaran Pengendali Sistem Robotik (PSR) layak untuk digunakan, berdasarkan validasi media memperoleh persentase nilai keseluruhan 95.62% dengan tingkat kelayakan sangat valid, dan validasi materi mendapatkan persentase 93.74% dengan tingkat kelayakan sangat valid. Hasil uji praktikalitas persentase keseluruhan 95.63% dengan tingkat kelayakan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorEdidas, EdidasUNSPECIFIED
CorrectorAgustiarmi, WindaUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Jun 2024 08:44
Last Modified: 14 Jun 2024 08:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52539

Actions (login required)

View Item View Item