Pengembangan Jobsheet Praktikum Mekatronika 2 Berbasis Problem Based Learning untuk Program Studi D4 Teknik Elektro Industri Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Padang

Rahmat, Dedek (2024) Pengembangan Jobsheet Praktikum Mekatronika 2 Berbasis Problem Based Learning untuk Program Studi D4 Teknik Elektro Industri Departemen Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DEDEK_RAHMAT_19063008_1355_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena belum tersedianya jobsheet pada mata kuliah praktikum Mekatronika 2 sebagai penunjang proses pembelajaran praktek mahasiswa, sehingga proses pembelajaran masih belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah jobsheet praktikum Mekatronika 2 yang telah teruji valid, praktis dan efektif. Dalam penelitian ini, digunakan metode 4-D. Pada fase pengembangan, uji validitas dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji materi dan uji media. Setiap tahap diuji oleh dua validator yang memiliki keahlian di bidangnya. Dalam tahap praktikalitas, validitas diuji dengan melibatkan partisipasi dari 38 mahasiswa dan 2 orang dosen. Keduanya diminta untuk mengisi angket sebagai bentuk evaluasi terhadap praktikalitas penelitian. Dalam tahap efektivitas, evaluasi dilakukan oleh 38 mahasiswa menggunakan rubrik penilaian praktikum. Jobsheet pembelajaran praktikum Mekatronika 2 berbasis Problem Based Learning dinilai valid dengan rata-rata skor validitas materi sebesar 0,89. Analisis kepraktisan menunjukkan respon dosen sebesar 97%, dikategorikan "sangat praktis", sementara respon mahasiswa mencapai 87% dengan kategori yang sama. Uji efektivitas dengan 38 mahasiswa D4 Teknik Listrik Industri menunjukkan nilai ketuntasan klasikal sebesar 88%, menegaskan bahwa jobsheet tersebut efektif sebagai media pembelajaran pada mata kuliah praktikum Mekatronika 2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSardi, JuliUNSPECIFIED
CorrectorAswardi, AswardiUNSPECIFIED
CorrectorDewi, CitraUNSPECIFIED
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro Industri - D4
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 14 Jun 2024 06:51
Last Modified: 14 Jun 2024 06:51
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52531

Actions (login required)

View Item View Item