Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar

Aini, Wil (2024) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_03_WIL_AINI_19004033_2788_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari fenomena yang terjadi yaitu selama proses pembelajaran, kegiatan pembelajaran didominasi oleh guru dimana guru menjelaskan materi tanpa adanya kegiatan lain yang menjadikan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, siswa juga terlihat kurang serius dan disiplin dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa secara signifikan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT dengan pembelajaran konvensional pada mata Pelajaran IPA kelas VIII. Jenis penelitian ini ada penelitian eksperimen semu yang terdiri dari 2 kelas sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen yaitu kelas VIII B merupakan kelas yang diuji cobakan, dimana diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Sedangkan untuk kelas kontrol yaitu kelas VIII A tidak diberikan perlakuan, melainkan menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan uji t (t-test) dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 71,79 dannilai rata-rata keas kontrol yaitu 55. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh t hitung sebesar 1,912 dan t tabel dengan taraf signifikan 0,05 adalah 1,706. Jika dibandingkan t hitung 1,912 > 1,706 maka dapat diartikan bahwa hipotesis diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorZuliarni, ZuliarniUNSPECIFIED
CorrectorZuwirna, ZuwirnaUNSPECIFIED
CorrectorRayendra, RayendraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NUMBERED HEAD TOGETHER, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Jun 2024 07:57
Last Modified: 13 Jun 2024 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52522

Actions (login required)

View Item View Item