Analisis Komparatif Jenis Kalimat pada Abstrak Artikel Penelitian yang Ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan Penulis Internasional

Hasibuan, Siti Julya Rahti (2024) Analisis Komparatif Jenis Kalimat pada Abstrak Artikel Penelitian yang Ditulis oleh Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UNP dan Penulis Internasional. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_03_SITI_JULYA_RAHTI_HASIBUAN_20018096_3178_2024.pdf

Download (813kB) | Preview

Abstract

Penggunaan jenis kalimat dalam sebuah artikel penelitian, termasuk pada bagian abstrak, perlu diperhatikan oleh penulis karena berfungsi untuk menunjukkan kualitas dari abstrak artikel penelitian tersebut. Oleh karena itu, sebagai respon dari fungsi jenis kalimat dalam abstrak artikel penelitian, penelitian ini bertujuan untuk meneliti jenis kalimat pada bagian abstrak dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat jenis kalimat apa saja yang ditulis oleh mahasiswa pendidikan bahasa Inggris UNP dan penulis internasional dalam abstrak artikel penelitian mereka. Kemudian, 40 abstrak artikel penelitian digunakan sebagai sampel pada penelitian ini yang diambil dari Journal of English Language Teaching dan Indonesian Journal of Applied Linguistics, dan data tersebut dianalisis dengan menggunakan tabel checklist sebagai instrumen. Pengambilan sampel acak sederhana dengan bantuan SPSS digunakan untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tidak semua jenis kalimat digunakan dalam setiap abstrak. Sebagian besar kalimat dalam abstrak mahasiswa ditulis dengan menggunakan kalimat sederhana (67,5%), diikuti oleh kalimat kompleks (28,1%), kalimat majemuk (3,1%), dan kalimat majemukkompleks (1,2%), sedangkan penulis internasional lebih banyak menggunakan kalimat kompleks (48,5%), diikuti oleh kalimat sederhana (44,6%), kalimat majemuk (5%), dan kalimat majemuk-kompleks (1,6%). Penelitian ini memiliki signifikansi pedagogis untuk pemahaman yang lebih baik tentang penulisan akademis, terutama yang berkaitan dengan penggunaan Bahasa dalam artikel penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArianto, M. AffandiUNSPECIFIED
CorrectorFitrawat, FitrawatUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, WitriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Sentence Types, Research Article Abstracts
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:56
Last Modified: 12 Jun 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52509

Actions (login required)

View Item View Item