Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E pada Materi Virus di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023

Meivinia, Alifda Putri (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Fase E pada Materi Virus di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ALIFDA_PUTRI_MEIVINIA_19031059_515_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang sangat diperlukan pada era abad ke-21. Tingkat kemampuan berpikir kritis peserta didik penting untuk dinilai atau diukur, salah satunya dengan menggunakan instrumen soal. Instrumen soal yang diberikan kepada peserta didik di SMA Pembangunan Laboratorium UNP bertujuan untuk mengarahkan kemampuan peserta didik dalam berpikir kritis. Pembelajaran di SMA Pembangunan Laboratorium UNP telah berorientasi pada pembelajaran yang menekankan berpikir kritis, namun implementasinya masih perlu ditingkatkan. Oleh karena itu, perlu dianalisis keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E pada materi virus di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E di SMA Pembangunan Laboratorium UNP tentang materi virus. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan populasi yaitu peserta didik fase E di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023. Sampel diambil menggunakan teknik purposive random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Data yang digunakan berupa data primer yang diperoleh melalui instrument tes berupa soal keterampilan berpikir kritis tentang materi virus yang sudah valid dan reliable. Aspek berpikir kritis mengacu pada Facione (2013). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi (Sugiyono, 2018). Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam menjawab soal virus pada masing-masing aspek: pada aspek interpretasi dengan kategori sangat rendah, pada aspek analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri dengan kategori rendah. Dari hasil tersebut diperoleh nilai rata-rata tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023 dengan nilai 54,31% dengan kategori rendah. Kesimpulan penelitian ini yaitu tingkat keterampilan berpikir kritis peserta didik fase E di SMA Pembangunan Laboratorium UNP Tahun Ajaran 2022/2023 berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArdi, ArdiUNSPECIFIED
CorrectorZulyusri, ZulyusriUNSPECIFIED
CorrectorRahmatika, HelsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS FASE E
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:55
Last Modified: 12 Jun 2024 08:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52506

Actions (login required)

View Item View Item