Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan TelukKabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung

Arzuf, Tania (2023) Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Penentuan Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan TelukKabung Selatan Kecamatan Bungus Teluk Kabung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_TANIA_ARZUF_19030032_1609_2024.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam rangka percepatan dan penanggulangan tingkat kemiskinan di Indonesia, dimana kemiskinan merupakan hal yang memprihatinkan yang terjadi di salah satu kelurahan Teluk Kabung Selatan Kota Padang, maka pemerintah melakukan Program Keluarga Harapan yang biasa disebut PKH. Program tersebut sudah berjalan sejak tahun 2007. Perbedaan kriteria yang digunakan dalam penentuan penerima PKH menyulitkan staf pendamping untuk menentukan prioritas komponen dari Rumah Tangga Miskin (RTM). Penelitian ini bertujuan untuk menentukan prioritas komponen RTM yang dapat digunakan oleh staf pendamping PKH agar tepat sasaran dalam menentukan penerima PKH dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Penelitian ini adalah penelitian terapan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari Koordinator PKH Kelurahan Teluk Kabung Selatan. Variabel yang digunakan adalah banyak anggota keluarga yang SD , banyak anggota keluarga yang SMP , banyak anggota keluarga yang SMA , ibu hamil , banyak anggota keluarga yang usia dini/balita , banyak anggota keluarga yang disabilitas berat , dan banyak anggota keluarga yang lanjut usia . Berdasarkan hasil dari analisis data dalam penentuan prioritas pemilihan warga yang layak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) diperoleh bahwa dari 130 data keluarga calon penerima bantuan PKH didapat 107 data keluarga yang layak menjadi penerima bantuan PKH dan 23 data keluarga yang tidak layak menjadi penerima bantuan PKH.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Devni PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRizal, YusmetUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:53
Last Modified: 12 Jun 2024 08:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/52504

Actions (login required)

View Item View Item